Oksigen dan Kesehatan Mental (Stres)


Setelah tulisanku sebelumnya yang membahas tentang manusia dan tanaman, pada tulisan kali ini aku akan membahas manfaat lain dari tumbuhan. Selain sebagai sumber energi dan sumber protein tumbuhan juga sebagai sumber penghasil oksigen. Ini adalah pengetahuan dasar waktu kita masih duduk bangku sekolah dasar, tumbuhan adalah penghasil oksigen yang dibutuhkan oleh manusia untuk bernafas dan beraktifitas. Tanpa ada oksigen kita (manusia) dan hewan akan mati, jadi kita harus memperhatikan alam sekitar agar kualitas & kwantita oksigen selalu terjaga.

via (tirto and https://mydandra.com)
oksigen berkualitas dapat mengurangi stres

Oksigen adalah produk sisa dari tanaman ketika melakukan fotosintesis, foto sintesis merupakan proses pembuatan makanan oleh tumbuhan. Tumbuhan membutuhkan carbon dioksida untuk melakukan fotosintesis, carbon dioksida merupakan sisa pernafasan oleh manusia dan hewan.  Dalam proses fotosintesis terjadi proses kimia yang cukup rumit, semua proses fotosintesis membutuhkan cahaya.

Hubungan Udara – Tanman dan Manusia

Tanpa rasio yang pas antara oksigen, nitrogen, carbon dioksida dan unsur kimia yang lain tidak akan ada kehidupan, tanpa unsur tersebut tidak akan ada tumbuhan dan manusia yang hidup di bumi. Sebagai sisa hasil fotosintesis (oksigen), kita sebagai manusia bersimbiosis mutualisme dengan tumbuhan baik yang besar maupun yang kecil begitu juga sebaliknya, tumbuhan membutuhkan carbon dioksida untuk melakukan fotosintesis. Tetapi pada saat ini, jumlah produksi gas carbon dioksida semakin berlebin, gas kabron dioksida tidak hanya dihasilkan oleh manusia dan hewan tetapi juga dihasilkan oleh pabrik. Produksi gas karbon dioksida yang berlebih bisa memnybabkan pemanasan pada bumi, selain itu kapasitas produksi oksigen berbanding tebalik dengan produksi karbon dioksida.

via (bobo and https://mydandra.com)
udara, tanaman dan manusia saling berhubungan.

Udara (oksiigen) adalah unsur esensial yang dibutuhkan dalam kehidupan, oksigen yang dihasilkan dibumi kita ini tidak hanya dirpoduksi oleh tanaman, oksigen juga dihasilkan oleh fitoplakton. Fitoplakton merupakan mikroorganisme yang hidup bebas di perairan dan melakukan fotosintesis untuk mendapatkan energi.

Hubungan Air - Nutrisi

Akar tanaman menyerap air dan nutrisi yang ada pada tanah, air oleh tumbuhan melalui jaringan/sel. Jaringan ini sering disebut xilem, jaringan xilem adalah jaringan tipis yang ada pada tumbuhan. Kenapa air sangat dibutuhkan oleh tanaman? Tanaman membutuhkan air untuk membantu menangkut nutrisi yang ada pada tanah (nutrisi yang larut air), jika kebutuhan air tidak tercukupi makan akan terjadi gangguan pada proses fotosintesis. Pada tanaman air juga digunakan untuk memecah molekul karbon dioksida, molekul yang sudah dipecah akan direaksikan dengan gula. Hasil reaksi pecahan molekul karbon dioksida dan gula merupakan cadangan energi  tanaman.

via (tirto and https://mydandra.com)
fitoplakton penghasil oksigen.

Disini kita sudah tahu gambaran besar bagaimana tumbuhan memproduksi oksigen. Tubuh kita tidak terlepas dari gangguan, salah satunya adalah stres. Stress adalah salah satu gangguan yang biasa kita alami, stress bisa berasal dari pikiran, mental dan tubuh kita lelah. Stres yang berkepanjanggan dapat mengakibatkan masalah mental, sehingga kita diwajibkan bisa melakukan manajemen stress pada tubuh kita sendiri. Hal yang paling deserhana yang bisa lakukan untuk mengurangi stress adalah melakukan olah raga atau bersantai. Kita dapat bersantai dibawah pohon, kenapa saya menyarankan seperti ini? Oksigen adalah kebutuhan utama kita jadi kita bisa mendekat kepada sumber produksi oksigen yaitu tumbuhan(pohon) untuk mendapatkan suplai oksigen yang bersih dan melimpah sehingga stress yang kita miliki akan berkurang. Perlu diingat bahwa kondisi stress atau lelah biasanya suplai dan sirkulasi oksigen yang ada dalam tubuh kita tidak berjalan dengan baik.

Stress yang berkepanjangan akan mengakibatkan gangguan pada kulit kita atau kesehatan jasmani kita. Nah dari tulisan singkat diatas aku berharap kita sadar bahwa kebutuhan oksigen sangat penting bagi kita, jadi kita harus peduli dengan lingkungan kita agar keseimbangan alam tetap terjaga.

Trimakasih telah membaca tulisanku ini, semoga sedikit memberi manfaat untuk kalian. Salam Aurellia Devani.

Artikel Selanjutnya

Komentar